JAKARTA, GRESNEWS.COM - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) didesak secara intensif menjaga hak-hak pemulihan saksi kasus perbudakan PT Perkasa Benjina Resources (PBR). Kepala Divisi Ekonomi dan Sosial Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Syamsul Munir mengatakan, saksi kasus Benjina mempunyai hak meminta perlindungan negara.

Syamsul menekankan, keamanan dan hak keselamatan saksi sepenuhnya wajib dijamin pemerintah melalui LPSK. "LPSK diminta atau tidak diminta seharusnya hadir merespons kasus. Misalnya kasus Benjina, LPSK perlu menjaga hak-hak saksi dari berbagai bentuk ancaman atau intimidasi," kata Syamsul kepada Gresnews.com, Jum´at (24/4).

Syamsul menjelaskan, dasar hukum terkait tugas dan tanggung jawab LPSK tercantum dalam UU Nomor 13 Tahun 2006 tentang Perlindungan Saksi dan Korban. Merujuk aturan itu, Syamsul menilai, LPSK wajib memberikan upaya perlindungan, pemulihan trauma dan rehabilitasi kepada saksi Benjina selaku pihak yang mengalami intimidasi.

Syamsul menilai, memang secara internal LPSK memiliki prosedur dalam upaya memberikan perlindungan kepada saksi atau korban. Dalam hal ini, secara administratif harus ada pengaduan terlebih dahulu dari pihak yang bersangkutan. Namun secara substansi, LPSK juga diminta responsif memfasilitasi hak korban dan saksi.

Perlindungan terhadap saksi dan korban kasus Benjina diharapkan bisa membantu pengungkapan kasus tersebut.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti telah meminta pihak Kepolisian dan LPSK untuk melindungi para saksi Benjina. "Saya telah menyerahkan hal ini kepada pihak berwajib. Saya juga meminta pihak kepolisian dan LPSK menjaga para saksi hingga kasus Benjina ini tuntas," kata Susi.

Susi tampaknya tidak mau mengambil risiko menyusul kematian pegawainya Yoseph Sairlela. Yoseph merupakan bagian dari saksi kunci kasus Benjina sekaligus Koordinator Pos Pengawasan KKP di Kepulauan Aru, Maluku.

Walaupun sesuai hasil otopsi pihak RSCM tidak ditemukan kekerasan fisik dibalik penyebab kematian Yoseph, namun langkah pencegahan merupakan pilihan yang tetap diambil Susi.

BACA JUGA: