JAKARTA, GRESNEWS.COM - Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Jakarta Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dipastikan bakal terpilih kembali menjadi ketua umum Partai Demokrat . Menurut dia, daya magnet SBY masih belum ada yang menyaingi di internal PD.

"SBY menumbuhkan trust building pada kader Demokrat. Kader Demokrat membutuhkan sosok yang bisa menyatukan soliditas Demokrat pada pemilu 2019, sosok itu ada pada SBY," katanya saat dihubungi Gresnews.com, Kamis (25/12).

Terlebih, kader PD juga pernah dikecewakan oleh kepemimpinan kaum muda ketika Anas Urbaningrum gagal dalam memimpin atau menjadi nahkoda demokrat. Anas malah dihukum lantaran melakukan tindak pidana korupsi. Pada saat itulah SBY tampil dan dianggap mampu menyelamatkan Partai Demokrat dari tsunami politik.

"Seperti hasil survei yang banyak memprediksi Partai Demokrat akan tenggelam, namun hasil survei tersebut meleset, Demokrat muncul sebagai pemenang keempat dalam pemilu 2014 setelah Partai Gerindra, ini tak bisa dinafikan dari daya magnet dan strategi SBY," ujar dia.

Dia juga mengatakan, pemilik saham terbesar PD adalah SBY. Jadi sah-sah saja SBY menjadi Ketum PD kata pria yang akrab disapa Ipang ini, karena kontribusi dan pengaruhnya bisa membuat Demokrat tetap bertahan.

"Kemungkinan menurut forecasting saya SBY terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Demokrat," jelas Pangi.

Senada dengan Pangi, Kepala Pusat Kajian Ilmu Politik dan Pemerintahan Universitas Bakrie M Badaruddin mengatakan, SBY menjadi calon ketum sekaligus vote getter terkuat PD untuk tahun 2019. PD akan tetap solid di bawah SBY, krn dialah solidarity maker di partai berlambang bintang mercy tersebut.

"Secara pragmatis, adanya SBY di Demokrat akan menguntungkan, karena popularitasnya masih sangat bisa dijual untuk tahun 2019," katanya.

BACA JUGA: