RKUHP dan Ancaman Overkriminalisasi

Selasa, 09 Januari 2018, 08:53:37 WIB - Hukum

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (Dok. Gresnews.com)


HUKUMAN MATI - Salah satu poin yang menjadi pembahasan alot dalam RKUHP adalah soal hukuman mati. Aliansi KUHP menentang dimasukkannya hukuman mati dalam pemidanaan di Indonesia dengan alasan masih tingginya ketidakpastian hukum. Namun pemerintah tampaknya tetap akan memasukkan pasal-pasal hukuman mati dalam RKUHP. 'Kemungkinan hukuman mati tetap ada. Perdebatan di DPR, pro kontra pidana mati itu sama kuatnya,' ujar Muladi, beberapa waktu lalu.

Muladi menegaskan, hukuman mati di Indonesia sulit untuk dihapuskan. Meski tak dipungkiri dihapuskan tidaknya hukuman mati bergantung juga dengan keinginan masyarakat.

'Hukum itu kan representasi dari masyarakat. Kalau masyarakat setuju hapus ya dihapus. Peluang di Indonesia sulit menghapus pidana mati. Tapi memperlunak itu masih bisa dilakukan,' ujar dia.

Meski begitu, kata Muladi, akan ad jalan tengah terkait pelaksanaan hukuman mati. 'Kita menempuh Indonesian way, jalan tengah itu mengatur pidana mati bersyarat,' kata Muladi.


Hukuman mati bersyarat itu mengatur, orang yang dipidana mati, akan terus dipantau selama 10 tahun. Jika berkelakuan baik, hukumannya bisa diubah menjadi pidana seumur hidup, atau 20 tahun penjara. 'Itu diusulkan RKUHP yang mengatur conditional capital punishment dan dikeluarkan dari pidana pokok, perkecualian,' ucap Muladi.

Sebelumnya, Menkumham Yasonna Laoly juga mengatakan, meski tetap ada, hukuman mati akan menjadi hukuman alternatif saja. 'Hukuman mati nantinya akan menjadi hukuman alternatif saja,' ujar Yasonna.

Yasonna menerangkan, nantinya, seorang narapidana yang divonis hukuman mati akan dipantau oleh tim independen di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Jika sang napi dinilai bertobat, maka hukuman mati bisa dibatalkan dan diganti dengan hukuman penjara dengan masa tertentu.

Tim independen tersebut sendiri akan dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah. PP itu juga akan mengatur kriteria seorang terpidana mati yang dapat dialihkan hukumannya. (mag)


Baca selanjutnya: 1 2

Komentar