Jakarta - Kinerja Polri dalam penanganan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tahun ini menurun dan menyisakan sejumlah keganjilan. Setidaknya jika melihat hasil penyelamatan keuangan negara dalam kurun satu tahun terakhir.

Dari data yang dirilis Mabes Polri, jumlah kerugian negara yang berhasil diselamatkan tahun ini Rp280,95 miliar, turun dibanding tahun lalu sebesar Rp339,72 miliar.

Dari data yang diperoleh gresnews.com, Sabtu (31/12), total kerugian negara yang diselamatkan tersebut berasal dari 755 kasus yang ditangani dengan total kerugian negara Rp2,7 triliun. Artinya tidak lebih dari 10 persen kerugian negara yang berhasil diselamatkan.

Penyelamatan kerugian negara yang dirilis oleh Kapolri pada akhir tahun ini mengalami kenaikan signifikan selama dua buan terakhir. Pada bulan Oktober tepatnya Mabes Polri sempat menyampaikan rekapitulasi perkara dan kerugian negara yang berhasil diselamatkan sejak bulan Januari sampai Oktober 2011.

Pada bulan Oktober, kasus yang ditangani sebanyak 720 dengan kerugian negara Rp761,95 miliar. Dari total kerugian itu yang berhasil diselamatkan hanya Rp12,04 miliar.

Artinya terjadi kenaikan Rp268 miliar kerugian negara yang berhasil diselamatkan kurang dari dua bulan yang disertai kenaikan kerugian negara dari Rp761,95 miliar menjadi Rp2,7 triliun dalam dua bulan.

BACA JUGA: