Pilkada DKI Masuk Putaran Kedua Massa Agus-Sylvi Jadi Rebutan

Kamis, 16 Februari 2017, 14:00:10 WIB - Hukum

Suasana Kampanye Akbar Satukan Jakarta Cagub DKI Jakarta nomer urut satu Agus Harimurti Yudhoyono- Cawagub Sylviana Murni, di GOR Sumantri Brodjonegoro, Jakarta, Sabtu (11/2). (ANTARA)

JAKARTA, GRESNEWS.COM - Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta diprediksi akan berlangsung dua kali putaran. Berdasarkan hitung cepat (quick qount) yang unggul pasangan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat dan pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno akan berlaga kembali pada putaran kedua.

Anies Baswedan saat diminta tanggapannya soal perolehan hasil sementara, mengaku optimis akan melaju ke putaran kedua. Namun begitu dia tetap menghormati proses perhitungan baik quick qount maupun real qount oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta.

"Kita tunggu hasil perhitungannya," kata Anies di Kantor Dewan Perwakilan Pusat Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan (15/2).

Anies sendiri mengaku, belum ada langkah khusus terkait arah koalisi yang akan dibangun pada putaran kedua nanti. Dia masih menunggu hasil final sebelum menuju kepada strategi dan format koalisi paska putaran pertama.



Berdasarkan hasil perhitungan cepat tersebut maka Pilkada DKI Jakarta masuk ke sesi putaran kedua. Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2016 Pasal 36 ayat 2. Putaran kedua dilakukan jika pada putaran pertama tidak memperoleh suara 50 persen kemenangan.

Ada pun bunyi Pasal 36 ayat (2) sebagai berikut : Dalam hal tidak terdapat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di DKI Jakarta yang memperoleh suara lebih dari 50% (lima puluh persen), diadakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur putaran kedua yang diikuti oleh pasangan calon yang memperoleh suara terbanyak pertama dan kedua pada putaran pertama.

Lebih jauh dia mengungkapkan, hasil perolehan sementara telah memungkinkan dia masuk ke putaran kedua. Dia hanya fokus pada berikhtiar untuk menjawab keluhan warga Jakarta dengan program OK OCE dan pendidikan yang tuntas yang termaktub dalam visi misinya.

"Kita belum menentukan langkah khusus (koalisi) sebelum hasil finalnya," ujar Anies.

Berdasarkan hasil perhitungan cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni memperoleh hasil 16,9% diikuti pasangan Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat mendulang suara 43,2% sedangkan pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno memperoleh 39,9% dari data 100 persen suara masuk.

Dengan perolehan suara demikian, maka pasangan Nomor urut 2 dan 3 akan melaju ke putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Baca selanjutnya: 1 2

Komentar