Acho dan Korban UU ITE yang Terus Berjatuhan

Senin, 07 Agustus 2017, 12:00:00 WIB - Hukum

Konsumen melihat-lihat maket apartemen pada sebuah pameran (ANTARA)

UPAYA DAMAI - Kuasa hukum Acho, Gading Yonggar mengatakan, dalam kasus ini, sebenarnya polisi sempat memberikan rekomendasi penyelesaian damai. Namun, Gading mengatakan pihak apartemen tidak memberikan respons terhadap usaha damai tersebut. "Pihak kepolisian sudah rekomendasikan demikian (mediasi). Acho juga sudah menawarkan mediasi ke pihak perusahaan. Tapi perusahaan tidak ada respons dan iktikad sama sekali," kata Gading, Minggu (6/8).

Gading mengatakan, dalam kasus ini, Acho berposisi sebagai korban. Posisi Acho ini juga dialami oleh penghuni lainnya. Menurutnya, tulisan yang dibuat dan di-posting mewakili aspirasi Acho dan penghuni apartemen lainnya. Dalam mediasi tersebut sebenarnya ingin dicari win-win solution antara kedua belah pihak.

"Apalagi, Acho ini kan posisi sebagai korban, penghuni di apartemen tersebut yang dirugikan bersama penghuni lainnya. Jadi tulisan Acho yang ada di blog tersebut mewakili aspirasi penghuni lainnya. Mediasi itu digelar jadi maunya apa sih pihak apartemen? Apa mau dihapus tulisannya? Mau cari titik tengahnya seperti apa. Apalagi Acho dan penghuni lainnya sebagai korban," paparnya.

Gading mengatakan, penghuni apartemen juga sempat berdemo untuk mengeluhan hal yang sama. Hal ini dilakukan setelah pihak apartemen tidak memberikan respons ketika diajak mediasi.

"Ratusan penghuni di berbagai tower lain juga mengeluhkan hal yang sama. Mereka sempat aksi juga di depan Apartemen Green Pramuka. Itu dilakukan setelah tawaran mediasi dari penghuni apartemen tidak direspons perusahaan," ucap dia.

Terkait kasus ini, netizen pun tak tinggal diam. Acho, menerima banyak dukungan di Twitter melalui tagar #AchoGakSalah. Salah satu yang angkat bicara soal kasus ini adalah Joko Anwar.

"Ini gila. Stop pidanakan konsumen, woy! Tolong bantu sebar ya, temen-temen. We're with you @muhadkly! #AchoGakSalah #StopPidanakanKonsumen," cuitnya di akun @jokoanwar.

Ada juga Soleh Solihun yang menulis, "padahal @MuhadklyAcho @muhadkly cuma menulis kekecewaannya. #AchoGakSalah #StopPidanakanKonsumen".


Baca selanjutnya: 1 2 3

Komentar