JAKARTA, GRESNEWS.COM - Tim kuasa hukum Gubernur Banten non Aktif Ratu Atut Chosiyah, Maqdir mengaku bingung dengan pemanggilan anak dari kliennya yaitu Andika Hazrumy oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Apalagi, Andika mengaku ditanya mengenai aset yang dimiliki Ibundanya yang disinyalir terkait kasus korupsi Alat Kesehatan (Alkes) di Provinsi Banten.

Menurut Maqdir, harta yang dimiliki Ratu Atut Chosiyah sama sekali tidak terkait dengan kasus yang menjerat kliennya tersebut. Karena harta itu Ratu Atut dapatkan dari buah hasil kerja kerasnya sendiri. Ditambah lagi, Ratu Atut memang berasal dari keluarga pengusaha.

"Aset yang dimiliki Ibu Atut sudah lama diperoleh. Kasus Alkes ini kan baru, ini sebenernya tidak bisa dihubungkan," ujar Maqdir ketika dikonfirmasi Gresnews.com, Selasa (23/9).

Maqdir juga sebenarnya meragukan penetapan kliennya sebagai tersangka kasus ini, karena Tubagus Chaeri Wardhana (Wawan) yang merupakan adik kandung Atut saat diperiksa menyatakan kakaknya tersebut tidak berkaitan dengan kasus Alkes. "Sepertinya ada pihak-pihak tertentu yang ingin menyeret-nyeret Ibu Atut dalam kasus ini," cetusnya.

Mengenai pulau yang disebut-sebut dimiliki Ratu Atut di daerah Banten yaitu Pulau Liwungan dan Pulau Popole, Maqdir juga menampiknya. Ia mengaku tidak mengetahui jika kliennya mempunyai pulau tersebut.

KPK memanggil Andika Hazrumy untuk dimintai keterangan perihal aset yang dimiliki Ratu Atut, Senin (22/9). Ia dikonfirmasi mengenai aset yang dimiliki ibundanya tersebut. Andika usai pemeriksaan mengaku dicecar sekitar dua puluh lima pertanyaan oleh penyidik.

Menurut Andika, selain ditanya mengenai kasus alat kesehatan, ia juga dimintai keterangan perihal kepemilikan sejumlah tanah. "Banyak (yang ditanyakan), mengenai Alkes, banyak juga terkait kepemilikan tanah keluarga," ujar Andika di Lobby Gedung KPK.

Andika berjanji akan bersaksi untuk Ibundanya baik ketika di KPK maupun di persidangan nanti. Hal ini menurutnya, untuk mengklarifikasi segala tuduhan yang ditujukan kepada Ratu Atut mengenai kasus ini. Apalagi, sebagai anak pertama ia menjadi tulang punggung keluarga sepeninggal mendiang ayahnya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: