PDIP menggelar Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) di Papua untuk persiapan Pilkada 2017 mendatang. Buat partai ini, Papua punya arti besar sehingga persiapannya pun juga spesial.

Acara itu sekaligus ajang deklarasi bagi para calon kepala daerah PDIP yang akan bertarung pada pilkada di 10 kabupaten dan satu kota. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyerahkan surat rekomendasi dari DPP PDIP yang ditandatangani Ketum Megawati Soekarnoputri saat Rakerdasus.

Hasto secara khusus mengingatkan kepada sejumlah calon kepala daerah yang baru saja menyelesaikan sekolah partai. Sekolah partai itu merupakan jawaban atas tudingan miring kepada partai politik. PDIP sudah mempersiapkan pemimpin yang mengetahui keinginan rakyat.

"Rakerdasus ini momentum baik untuk menyatukan tekad, memenangkan pilkada dengan semangat gotong royong. Dengan kemenangan pilkada di Papua, akan semakin memperkuat konsolidasi Pemerintahan Jokowi. Apalagi pak Jokowi mempunyai komitmen dengan Papua," kata Hasto dalam sambutannya di Rakerdasus PDIP Papua, seperti tertulis dalam siaran pers PDIP, Jakarta, Jumat (16/9).

"Papua dikembangkan infrastrukturnya dan dibangun manusianya. Membangun Papua tidak bisa hanya dari sisi modernitas, tapi berlandaskan akar yang original di Papua," tambahnya.

Dalam acara ini, Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan yang juga kepala Sekolah PDIP, Komarudin Watubun hadir. Termasuk Ketua DPD PDIP Provinsi Papua Edoardus Kaize serta seluruh pengurus DPD PDIP Provinsi Papua.

"Para kader jangan tidur. Saatnya konsolidasi. Ilmu yang diberikan di sekolah partai sudah cukup tinggi saatnya ilmu itu diterapkan di pilkada," kata Komarudin. (mon/dtc)