Sikap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengusung Mardani Ali Sera sebagai bakal calon wakil gubernur Sandiaga Uno secara sepihak dinilai memakai gaya orde baru. Hal tersebut ditanggapi peneliti senior Pusat Penelitian Politik-LIPI Siti Zuhro.

Siti mengatakan, idealnya partai politik (parpol) harus mengikuti proses buttom up karena selama ini pihak-pihak eksternal ikut mengusung suara dan menyampaikan opini.

“Ya, PKS seharusnya mengikuti proses buttom up karena kan selama ini suara-suara eksternal ikut berperan dalam menyampaikan opini, dan penilaian. Menjadi tugas partai untuk merespons keinginan publik," ujar Siti saat dihubungi, Rabu (14/9).

Lebih lanjut, Siti menyebutkan, seyogyanya parpol tidak boleh memaksakan kehendak dengan melakukan pengambilan keputusan secara sepihak oleh elitenya.

Padahal seperti yang diketahui, ada kader PKS, Muhamad Idrus yang sudah mendeklarasikan dirinya maju dan didukung kader internal dari ranting dan wilayah untuk melawan Ahok di Pilkada DKI 2017.

“Partai tidak boleh memaksakan kehendak karena ego elite partai. Cara seperti itu sudah tidak relavan untuk diterapkan saat ini. perlu ada keseimbangan antara buttom up dan top down,” imbuhnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh M. Hadi Nainggolan, ketua Tim Relawan #JakartaKEREN. Hadi terang-terangan menyatakan kekecewaaannya terhadap PKS yang dianggap sebagai kumpulan orang-orang berjiwa muda yang memiliki idealisme. Hadi yang sudah mengumpulkan lebih dari 200.000 relawan ini mempertanyakan kaderisasi yang ada di tubuh PKS.

"Kita tahu bahwa PKS berhak membuat keputusan apa saja tentang Pilgub DKI Jakarta, tapi PKS sejatinya harus mendengar aspirasi umat Islam. Karena PKS itu aset umat dan Bangsa, bukan hanya milik kader elite semata," tegas dalam siaran persnya kepada gresnews.com.

Hadi juga menambahkan bahwa ketidaksukaan yang terjadi di elite sangat mudah "dihajar" oleh petinggi parpol.

"Suka dan tidak suka yang sekarang terjadi di elite, kalau elite suka dia membuat seribu alasan utk pembenaran atas keputusannya. Kalau elite tidak suka maka mereka juga menciptakan sekian alasan/kelemahan untuk membumi hanguskan seseorang, miris kalau PKS membenarkan konsep ini," tutup Hadi. (mon/dtc)

BACA JUGA: