HUKUM

Antara ICW, Romli, Rimanews

Kasus dugaan pencemaran nama baik yang diadukan oleh pakar hukum pidana Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Prof. Romli Atmasasmita, ke Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri terus berlanjut.

Selengkapnya

Menolak Rekonsiliasi Jadi Penuntas Kasus HAM

Rencana pemerintah yang berniat menyelesaikan sejumlah kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) masa lalu melalui cara tunggal lewat rekonsiliasi menuai kritik. Pemerintah diminta tak hanya memilih cara rekonsiliasi dalam menyelesaikan kasus pelanggaran HAM masa lalu itu.

Selengkapnya

Sistem Perlindungan Whistleblower Kasus Korupsi

Aksi pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi di 17 kementerian/lembaga melalui Whistleblowing System sangat terkait dengan tugas dan wewenang LPSK, terutama dalam memberikan perlindungan kepada pelapor, saksi dan saksi pelaku tindak pidana korupsi.

Selengkapnya

Misteri Asal Uang Suap Hakim PTUN Medan

Wakil Ketua KPK, Zulkarnain mengatakan bahwa pemeriksaan terhadap Gatot dan istrinya itu untuk menelisik asal muasal uang suap tersebut. Hal itu menurut Zul sangat penting agar perkara ini dapat dengan cepat terungkap lebih jelas.

Selengkapnya

Bila Kritik Presiden Berbuah Satgas Lagi

Rencana Kejaksaan Agung membentuk Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (P4) sebagai respon atas himbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikritik sejumlah pihak. Pembentukan tim ini dinilai reaksional.

Selengkapnya

Dalih Dahlan di Sidang Praperadilan

Praperadilan menjadi perlawanan pertama mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan atas penetapannya sebagai tersangka kasus proyek pengadaan Gardu Induk PLN oleh Kejaksan Tinggi DKI Jakarta.

Selengkapnya

Jerat Hukum Baru Menanti OC Kaligis

Pria yang akrab disapa OC Kaligis ini diketahui meminta anak buahnya untuk memindahkan sejumlah dokumen yang terkait dengan perkara suap terhadap empat pejabat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan.

Selengkapnya

Menguak Fakta Tersangka Jadi ATM Jaksa

Hanya saja, hal itu seharusnya tidak dijadikan alasan bagi Prasetyo untuk tidak memperhatikan apa yang menjadi kekhawatiran Presiden Jokowi. Pasalnya, diduga, kasus-kasus macam ini justru ditengarai banyak terjadi di Kejaksaan Agung sendiri.

Selengkapnya