HUKUM

"Virus" Lampaui Kewenangan Menjalar ke MK

Nah, "virus" melampaui kewenangan ini rupanya juga merembet ke Mahkamah Konstitusi. Dalam beberapa hal, terutama putusan terkait perluasan obyek praperadilan, MK dinilai telah bertindak sebagai positive legislator.

Selengkapnya

Adu Kuat Pasar Bebas MEA

peran Indonesia juga diprediksi minim dalam konteks penyerapan pasar domestik terhadap produk negara-negara ASEAN. Hal itu karena produsen Indonesia relatif tidak siap menghadapi sirkulasi produk yang ditawarkan MEA.

Selengkapnya

KPK Tak Lekang Dirundung Teror

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seperti tak berhenti dirundung cobaan. Setelah pimpinannya porak-poranda  dikriminalkan, sehingga Presiden Jokowi harus menunjuk pimpinan sementara. Kriminalisasi juga menimpa penyidiknya, kini teror juga menghinggapi pegawai struktural KPK lainnya.

Selengkapnya

Oknum BPN Berulah Warga Tambora Kena Getah

Belakangan diketahui, pembongkaran oleh Pemkot Jakarta Barat itu didasari atas dasar permintaan sepihak seseorang bernama Ervin Oktariadi yang dalam beberapa tahun terakhir mengklaim sebagai pemilik hak guna bangunan lama tersebut. Dua kali proses eksekusi dilakukan.

Selengkapnya

Modus Barnabas Menangguk Proyek

Maksud hati memanfaatkan jabatan dengan menggiring proyek untuk perusahaan sendiri. Namun apa lacur perusahaan tak punya kemampuan, ujungnya borok penyalahgunaan wewenang itu terungkap. Laku lancung itu pun menyeret mantan Gubernur Papua periode  2006-2011 Barnabas Suebu ke meja hijau.

Selengkapnya

Sarpin-MA Kangkangi KY

Suhadi menegaskan, dalam pelaksanaan kode etik sudah diatur bahwa masalah teknis yuridis merupakan kewenangan MA. Sehingga ketika ada persoalan yuridis yang dilaporkan pada KY, seharusnya KY menyerahkan pada MA untuk menindaklanjutinya.

Selengkapnya

Jalan Berliku Korban HAM Mencari Keadilan

Muncul ironi paska bertahun-tahun keluarga korban kerusuhan 1998 bolak-balik antara Komnas HAM dan Kejaksaan Agung, kedua lembaga tersebut malah mengambil jalan pintas terhadap penyelesaian kasus pelanggaran HAM dengan rekonsiliasi.

Selengkapnya

Terobosan Dahlan Iskan Terjerat Pidana

Secara umum pengelolaan dana BL BUMN Peduli tidak memenuhi azas pengelolaan keuangan negara yang memadai terutama pada aspek perencanaan anggaran dan kegiatan, pelaksana kegiatan, dan aspek monitor dan evaluasi yang secara garis besar.

Selengkapnya

Titik Krusial Pembenahan Kejaksaan Agung

Sejatinya bukan kali ini saja Kejaksaan Agung mendapatkan penilaian buruk atas kinerjanya. Pada LAKIP 2011 pun Kejaksaan mendapatkan penilaian C. Bila Lakip 2014 pun masih mendapatkan penilaian buruk boleh dibilang Kejaksaan Agung bebal dan tak mau merubah diri.

Selengkapnya

Jalan Terjal Penuntasan Kasus HAM

Bak ada dinding tebal, setiap upaya penuntasan  kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat masa lalu selalu terbentur tanpa penyelesaian. Padahal kasus HAM masa lalu menjadi beban sejarah setiap rezim pemerintahan. Kini dimasa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, kembali ada upaya untuk menuntaskan tunggakan kasus HAM masa lalu.

Selengkapnya