Banyak hal harus dipersiapkan sebelum anak Anda memasuki tahun ajaran baru. Semoga saja, topik mengenai cyberbullying (secara sederhana diartikan sebagai pelecehan di dunia maya) masuk dalam agenda perhatian Anda.

Studi terbaru dari perusahaan keamanan internet, McAfee, menyatakan anak-anak menyaksikan dan pada beberapa kasus terlibat dalam praktek cyberbullying. Satu dari empat remaja mengaku menjadi sasaran cyberbullying. Dua per tiga dari remaja menyaksikan cyberbullying. Demikian dilansir dalam Penelitian Perilaku Remaja di Internet yang dikutip dari mashable.com, Jumat (24/8).

Namun, berdasarkan riset itu, hanya satu dari 10 orang tua yang menyadari bahwa anak mereka menjadi target cyberbullying.

Sementara itu, 92% remaja menyebutkan Facebook sebagai laman tempat perilaku cyberbullying terjadi. Sementara Twitter (23,8%), MySpace (17,7%), dan Instant Messanger (15,2%). Ketika remaja itu di-bully, 65,8% dari mereka merespons, 15,4% langsung menghindar masuk sekolah, dan 4,5% berkelahi dengan pelaku bully.

BACA JUGA: