Jakarta - Intensitas hujan di Jakarta, belum menunjukkan tanda-tanda yang mengkhawatirkan. Bahkan, tinggi muka muka air (TMA) sungai-sungai yang melalui Jakarta menunjukkan dalam kondisi normal. Begitu pun ketinggian air di sejumlah pintu air masih normal atau siaga IV.

Tercatat di Pintu Air Pesanggrahan, Jakarta Selatan, ketinggian air 75 sentimeter, Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, setinggi 690 sentimeter, dan di Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara, mencapai 150 sentimeter. Saat ini ketinggian di Pintu Air Katulampa, Bogor, juga masih normal yakni 10 sentimeter.

Namun, masyarakat tetap diminta terus meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman banjir, yang bisa terjadi kapan saja.

"Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak hujan di Jakarta terjadi hingga pertengahan Februari 2012. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Rabu (25/1).

Ia menyebutkan, berdasarkan prakiraan BMKG, terjadi peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hal tersebut berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat.

BACA JUGA: