GELIAT REVITALISASI PASAR SENEN




Pembangunan Pasar Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Senen Blok VI sisi Jalan Bungur, Jakarta Pusat terus menggeliat.


Pembangunan Pasar Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Senen Blok VI sisi Jalan Bungur, Jakarta Pusat terus menggeliat. Pembangunan pasar ini terus dikebut karena ditargetkan akan selesai pada Januari 2017 ini. Pengerjaan pembangunan mulai dilakukan sejak bulan September lalu dan masih terus dikerjakan untuk tahap finalisasi.

PD Pasar Jaya telah membangun areal TPS Blok VI dengan nomor kontrak 372/1.8324.541 dengan pelaksana dari PT Karya Sudi Jaya. Pembangunan Tempat Penampungan Sementara ini dilakukan untuk mendukung proyek Revitalisasi Pembangunan Pasar Senen pasca kebakaran yang terjadi pada bulan Juni lalu.

Musibah kebakaran itu telah menghanguskan sejumlah kios yang membuat para pedagang harus kehilangan tempat mencari nafkah. PD Pasar Jaya telah membangun TPS untuk para pedagang sehingga transaksi penjualan bisa terus berlangsung. Bangunan TPS Pasar Senen Blok VI terdiri atas tiga lantai dengan luas sekitar 3.000 meter persegi.

Struktur bangunan dibangun dengan menggunakan kerangka baja yang kokoh untuk mengantisipasi beban. Rencananya untuk lantai bawah akan difungsikan untuk para pedagang sayur-sayuran serta daging kemudian di lantai atas kelontong dan lain sebagainya.

Revitalisasi Pembangunan Pasar Senen Blok 6 atau lebih dikenal dengan Pasar Inpres Senen (Proyek Senen) sebelumnya sempat terbelenggu persetujuan harga sewa yang tidak menemui titik temu antara para pedagang dengan PD Pasar Jaya.

Rencananya nantinya pasar tersebut akan dibangun moderen serta terintegrasi dengan terminal dan stasiun.Meski berbentuk moderen tapi tetap tidak meninggalkan ciri pasar tradisional, seperti ada proses tawar menawar antara pedagang dan pembeli. (Gresnews.com/Edy Susanto)

Pekerja merampungkan pembangunan lantai bagian atas Pasar Senen blok VI

Pekerja merampungkan pembangunan bagian Pasar Senen blok VI.

Papan Tempat Penampungan Sementara pedagang Pasar Senen yang tengah dibangun

Pedagang memindahkan barang daganganya ke Tempat Penampungan Sementara.

Bagian dalam Tempat Penampungan Sementara yang hampir rampung

Pekerja mempercepat pengerjaan Tempat Penampungan Sementara pedagang Pasar Senen.