Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) didampingi Wakil Presiden Boediono (kanan) tiba di lapangan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (1/10).  SBY tiba di lokasi peringatan Kesaktian Pancasila sekitar pukul 07.46 WIB. Di depan Gedung Paseban, SBY disambut oleh Gubernur DKI Jokowi dan Wapres Boediono. Tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini adalah Penguatan Nilai -Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi.

Di tempat upacara yang terletak di depan Monumen Pancasila Sakti, peserta upacara sudah bersiap sejak pagi. Anggota TNI, Pramuka, maupun siswa-siswi sekolah SD sampai SMA sudah berbaris rapi di tempatnya masing-masing. Tamu-tamu undangan, seperti anggota DPR/DPD terpilih dan keluarga pahlawan revolusi, sudah duduk di bawah tenda. Di lapangan sudah diputar lagu-lagu perjuangan yang membuat suasana menjadi khidmat.

Tepat pukul 08.00 WIB, upacara dimulai. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Presiden SBY. Ketua DPD Irman Gusman membacakan teks Pancasila sedang Ketua MPR Sidarto Danusubroto membacakan Pembukaan UUD 1945. (ANTARA)

BACA JUGA: