Banjir rob masih menjadi ancaman serius bagi bagi warga pesisir Pantai Utara Jakarta. Salah satu cara mengatasi banjir yang muncul akibat air laut pasang ini dengan membangun tanggul penahan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya memang telah membangun tanggul untuk menanggulangi rob saat air laut pasang, di RT 20/17, Muara Baru, Kelurahan Penjaringan, Kecataman Penjaringan, Jakarta Utara. Namun tanggul tersebut kerap jebol tak sanggup menahan air pasang. Meninggikan tanggul menjadi pilihan, menjadi 4,8 meter dan ditambah ketebalannya dari sekitar 30 sentimeter menjadi 1 meter. Pembangunannya dilakukan di garis bibir pantai sepanjang 32 kilometer.

Selain meninggikan tanggul,Pemprov DKI juga berencana mengadakan enam pompa baru di pesisir pantai utara Jakarta mulai tahun ini. Enam pompa tersebut ditempatkan di rumah pompa Kamal, Angke, Marina, Muara Karang, Sentiong dan Sunter Hilir.

Sedangkan untuk tanggul sendiri direncanakan dibangun sepanjang 32 kilometer membentang di pesisir utara Jakarta.Lokasi tanggul Laut yang akan ditinggikan adalah di daerah Kamal, Tanjungan, Kali Asin, Luar Batang, RE Martadinata, Cilincing dan Marunda.

Di luar lokasi tersebut,seperti tanggul laut di Kawasan Ancol akan ditangani secara langsung oleh PT Pembangunan Jaya Ancol. Peninggian tanggul akan berfungsi mengantisipasi banjir rob yang sering terjadi di Jakarta Utara. Sedangkan pompa-pompa tersebut akan mendorong perpindahan air dari Jakarta ke Laut Jawa. (Edy Susanto/Gresnews.com)

BACA JUGA: