Apalagi adanya kekeringan yang melanda mulai bulan Mei lalu hingga bulan ini patut diwaspadai. Jika kekeringan berakhir bulan ini dan bulan Oktober adalah masa transisi maka inflasi dari pangan tidak akan melonjak.

Buruh mengeluarkan tumpukan karung beras dari dalam kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta Utara, Sabtu (27/9). Tidak hanya Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diproyeksikan menaikkan inflasi. Harga bahan pangan yang sangat dipengaruhi perubahan cuaca dan jaringan distribusi juga menjadi salah satu faktor penentu kenaikan inflasi.

Apalagi adanya kekeringan yang melanda mulai bulan Mei lalu hingga bulan ini patut diwaspadai. Jika kekeringan berakhir bulan ini dan bulan Oktober adalah masa transisi maka inflasi dari pangan tidak akan melonjak. Namun jika sampai bulan November masih terjadi kekeringan maka ketersediaan pangan akan terganggu yang menyebabkan inflasi meningkat. Hal ini karena musim tanam yang bergeser karena perubahan iklim juga akan menggeser puncak panen pada tahun depan. (Edy Susanto/Gresnews.com)