Berharap Efek Forum Inisiatif Jalan Sutra

Selasa, 16 Mei 2017, 21:00:35 WIB - Ekonomi

Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping (kanan) saat pertemuan bilateral disela-sela menghadiri Belt and Road Forum di Gedung Great Hall of the People, Beijing, Minggu (14/5).(ANTARA)


INISIATIF SABUK JALUR SUTRA - Inisiatif pembangunan bersama 'Sabuk Ekonomi Jalur Sutera' dan 'Jalur Sutera Maritim Abad ke-21' dicetuskan oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping pada September dan Oktober 2013. Inisiatif ini belakangan mendapat tanggapan positif dan perhatian besar masyarakat internasional dan negara-negara terkait.

Disebutkan inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan bukanlah rencana bantuan luar negeri besar-besaran Tiongkok, melainkan rencana pembangunan ekonomi saling menguntungkan yang dioperasikan berdasarkan aturan ekonomi pasar.

Satu Sabuk Satu Jalan adalah sebuah inisiatif negara yang dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan di bawah arahan negara. Oleh karena itu, pelaksanaannya tidak bergantung pada negara, namun dilakukan oleh perusahaan.

Negara hanya memberikan jaminan tertentu. Dengan kata lain, perusahaan adalah kekuatan dominan dalam proses inisiatif ini. Inisiatif Satu Sabuk Satu Jalan juga bukan proyek antar negara, melainkan proyek kerja sama yang dilakukan perusahaan Tiongkok dan perusahaan negara lain.


Satu Sabuk Satu Jalan berorientasi pada proyek dan bukan berorientasi pada politik, artinya hanya proyek-proyek yang mendatangkan laba yang akan dikerjakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.


Baca selanjutnya: 1 2

Komentar