Daftar Barang Bawaan Penting Jika Bepergian Menggunakan Kereta Api Bersama Si Kecil

Senin, 20 November 2017, 17:00:00 WIB - Ekonomi

Ilustrasi ibu dan bayi berlibur

Berlibur bersama buah hati tentu menjadi momen yang membahagiakan, apalagi di destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Untuk mencapai lokasi wisata yang berada jauh atau di luar kota, terkadang transportasi umum seperti kereta api menjadi pilihan terbaik. Nah, agar perjalanan menggunakan kereta api bersama si kecil berjalan lancar, ada beberapa perlengkapan yang harus dibawa. Berikut daftarnya:

1. Pakaian Cadangan

pakaian

Entah bepergian menggunakan kereta api ataupun jasa transportasi umum lainnya, pakaian cadangan merupakan salah satu yang wajib disiapkan. Anda perlu membawa beberapa pasang pakaian pengganti untuk berjaga-jaga barangkali si kecil buang air besar, buang air kecil, atau muntah.
Letakkan pakaian tersebut di tas yang mudah dijangkau. Anda bisa meletakkannya di tas bagian atas. Hal ini bertujuan agar Anda tak kerepotan saat membutuhkannya.

2. Obat-obatan

Perlengkapan lain yang perlu Anda siapkan dengan cermat adalah obat-obatan. Obat-obatan yang dimaksud meliputi minyak telon untuk menghangatkan tubuh si kecil, serta obat-obatan yang biasa digunakan oleh si kecil. Selain itu, jangan lupa membawa obat penurun panas dan obat alergi.
Agar tidak ada yang terlewat, sesaat setelah Anda pesan tiket kereta api di Traveloka, segera buat daftar obat yang perlu Anda bawa. Adapun keuntungan memesan tiket kereta api di agen travel online seperti Traveloka, yakni tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Anda pun memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan keperluan si kecil lainnya.

3. Makanan

Di dalam kereta api memang tersedia restorasi, terutama untuk kelas bisnis dan eksekutif. Namun, menu makanan yang disediakan sering kali hanya cocok untuk lidah orang dewasa. Oleh karena itu, jika Anda mengajak si kecil naik kereta, Anda harus menyiapkan makanan khusus untuknya.
Sebelum naik kereta, pastikan si kecil sudah makan dengan kenyang agar dia tidak rewel selama perjalanan. Sediakan pula makanan ringan yang mengenyangkan, seperti biskuit atau roti gandum, susu, atau keju.
Jika perjalanan kereta api berlangsung cukup lama, Anda bisa menyiapkan bekal makanan khusus untuk si kecil. Beberapa menu makanan praktis yang bisa dibawa antara lain telur rebus, omelette, nugget, dendeng daging, atau ayam goreng.

4. Susu
Jika si kecil masih minum ASI, jangan lupa membawa penutup menyusui agar Anda nyaman saat memberinya ASI, demikian juga si kecil. Jika si kecil mengonsumsi susu formula, jangan lupa membawa susu formula beserta termos berisi air panas dan botol air minum yang berisi air dingin.

5. Mainan

Jangan lupa membawa mainan untuk si kecil agar dia tidak rewel dan merasa terhibur selama berada di dalam kereta. Pilih mainan yang tidak terlalu besar agar Anda tidak kerepotan membawanya. Selain itu, jangan membawa mainan terlalu banyak, cukup bawa beberapa mainan yang benar-benar dia suka.

6. Selimut Tebal

Adanya pendingin udara—terlebih jika Anda memilih keberangkatan pada malam hari—membuat hawa di dalam kereta api terasa dingin. Berhubung anak kecil biasanya tidak tahan dengan suhu yang terlalu dingin, Anda perlu menyiapkan selimut tebal. Meskipun benda tersebut disediakan di dalam kereta, tak ada salahnya menyiapkan selimut tebal sebagai tambahan agar si kecil merasa hangat dan nyaman.

7. Kaus Kaki dan Topi

Agar si kecil senantiasa merasa hangat, Anda perlu menyiapkan kaus kaki dan topi. Pilih kaus kaki yang tebal dan panjang, dan pilih topi yang mampu menutupi bagian telinga.
Untuk bayi berusia 1 tahun ke bawah, pastikan dia menggunakan topi dan kaus kaki hangat sejak masuk ke dalam kereta. Hal ini untuk mencegah terjadinya hipotermia, karena penguapan terbesar pada bayi berada pada ubun-ubun kepalanya.

8. Popok Sekali-Pakai

Perlengkapan lainnya yang perlu Anda bawa selama perjalanan kereta yaitu pospak (popok sekali-pakai). Hal ini akan sangat praktis dan memudahkan saat si kecil buang air kecil atau buang air besar. Jangan lupa menggantinya setiap 3 hingga 4 jam sekali, agar si kecil terhindar dari ruam popok dan risiko infeksi saluran kencing.

9. Tisu

Tisu merupakan benda mutlak yang harus Anda bawa ke mana pun jika bepergian bersama si kecil. Anda memerlukan tisu untuk membersihkan tumpahan susu atau bekas makanan pada mulut si kecil.

10. Tisu Basah



Jangan lupa juga memasukkan tisu basah ke dalam daftar bawaan Anda. Benda ini akan sangat bermanfaat untuk membersihkan tangan Anda sebelum memberikan makanan dan minuman kepada si kecil. Selain itu, jika si kecil buang air besar atau buang air kecil, Anda akan sangat membutuhkannya untuk membersihkannya.

11. Kantong Plastik

Meskipun terlihat sepele, jangan lupakan benda satu ini, ya. Anda akan sangat membutuhkannya untuk membuang pospak bekas atau bungkus makanan dan minuman.
Demikian beberapa barang bawaan penting yang perlu Anda siapkan untuk perjalanan kereta bersama si kecil. Selamat berlibur.

Komentar