Telkom Siap Implementasikan Layanan ICT Handal bagi 5 Sektor Strategis di Jawa Timur

Minggu, 28 Mei 2017, 13:00:00 WIB - Advertorial

Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana � Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan � Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES Ph.D.

Jakarta, 27 Mei 2017 – Dalam rangka memperkuat kerjasama serta memanfaatkan potensi bersama dengan institusi dan perusahaan yang bergerak di lima sektor strategis di Jawa Timur, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melakukan courtesy visit serta penandatanganan nota kesepahaman tentang penyediaan solusi layanan information and communication technology (ICT) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), PT Pakuwon Jati, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, dan PT PAL Indonesia, di Surabaya, Jumat (26/5). Courtesy visit dilaksanakan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan, didampingi Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dan Executive Vice President Telkom Regional 5 Suparwiyanto.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi tujuan pertama kunjungan. Dalam courtesy visit ini, Dian Rachmawan diterima langsung oleh Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES, Ph.D. dan para Wakil Rektor di Gedung Rektorat ITS. Pada pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas kebutuhan solusi layanan Telkom yang diharapkan dapat menjadi enabler peningkatan ranking Webometrics ITS menuju World Class University.

Acara courtesy visit kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penyediaan Infrastruktur dan Layanan ICT untuk Project Pakuwon Jati oleh Dian Rachmawan dan Commercial Director PT Pakuwon Jati, Tbk Sutandi Purnomosidi di East Coast Center Surabaya.

Ruang lingkup kerjasama Project Pakuwon Jati ini meliputi layanan digital dasar (telepon, internet dan televisi interaktif) serta advances services (konten dan aplikasi); digitalisasi building (smart surveillance, smart security system, smart lighting, energy management system), indoor cellular system dan digital signage; indoor building system (IBS); wifi.id; serta modernisasi jaringan kabel tembaga dengan fiber optik; dan lain-lain tidak terbatas pada ruang lingkup kerjasama ini.

Pada kunjungan selanjutnya, dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman tentang Digitalisasi Bank Jatim oleh Dian Rachmawan dan Direktur Bisnis Menengah dan Koperasi Bank Jatim Su’udi, disaksikan oleh Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso dan Direktur Operasional Bank Jatim Rudie Hardiono di Kantor Pusat Bank Jatim.

Setelah itu, courtesy visit dilanjutkan ke Kantor Walikota Surabaya. Pada kunjungan tersebut, Dian Rachmawan bersama dan Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini membahas kerjasama Telkom dan Pemkot Surabaya dalam upaya mendukung pertumbuhan dan bisnis perbankan daerah serta meningkatkan value bisnis secara berkesinambungan. "Telkom berkomitmen untuk menjadi IT Strategic Business Partner untuk Pemkot Surabaya," ujar Dian Rachmawan.

Sebagai penutup dari rangkaian courtesy visit, Dian Rachmawan melakukan kunjungan ke PT PAL Indonesia. Dalam kunjungannya, Dian Rachmawan diterima oleh Direktur Keuangan PT PAL Indonesia Irianto Sunardi.

Dian Rachmawan menyampaikan terima kasih kepada ITS, Pakuwon Jati, Bank Jatim, Pemkot Surabaya dan PT PAL Indonesia atas kepercayaannya memilih Telkom sebagai penyedia layanan ICT serta layanan pendukungnya. Dengan kapabilitas ekosistem digital terlengkap di Indonesia yang kami miliki, didukung jaringan fiber optic yang menjangkau berbagai pelosok Indonesia, kami yakin mampu menambah value digital pada institusi dan perusahaan, ujar Dian.

Selain itu, Dian Rachmawan juga menegaskan bahwa Telkom telah bekerja sama dengan beberapa Bank Pembangunan Daerah lainnya melalui penyediaan dan implementasi berbagai solusi layanan ICT seperti T-Money, VPN IP, VSAT IP, ATM Managed Service, Mobil Kas Keliling serta digital marketing seperti DOOH (Digital Out of Home) dan SMS Blast.

"Telkom juga memiliki solusi digital yang dapat disesuaikan dengan unique needs dari tiap-tiap perusahaan, diantaranya adalah solusi Enterprise Resource Planning, Data Center, Customer Relationship Management, aplikasi nota dinas elektronik, dan solusi lainnya," tambah Dian.

Melalui dukungan berbagai layanan ICT terintegrasi dan handal, Telkom berharap mampu mendorong percepatan digitalisasi sektor-sektor strategis, baik di tingkat daerah maupun nasional, yang berdampak pada efisiensi dan efektivitas kinerja institusi/perusahaan. Upaya percepatan digitalisasi ini merupakan wujud komitmen Telkom dalam mendukung tekad pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Komentar