Mahkamah Agung (MA) akhirnya menentukan pengganti Ketua Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) yang sebelumnya dijabat oleh Ketua MA Hatta Ali.

Jakarta - Mahkamah Agung (MA) akhirnya menentukan pengganti Ketua Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) yang sebelumnya dijabat oleh Ketua MA Hatta Ali.

Sebanyak 350 peserta dari empat lingkungan peradilan, yakni umum, tata usaha negara (TUN), agama dan militer menghadiri acara seminar yang sekaligus merupakan acara musyawarah nasional luar biasa (Musnalub) IKAHI.

Dalam pembukaan Munaslub, masih sebagai Ketua IKAHI, Hatta mengatakan, bahwa seminar bertajuk "Restorative Justice Dalam Hukum Pidana Indonesia" juga sebagai salah satu rangkaian memperingati hari jadi IKAHI.

"Seminar ini juga sebagai salah satu rangkaian untuk memperingati hari IKAHI yang ke 59," ucap Hatta, saat membuka acara seminar di Hotel Mercure Indonesia, Jakarta, Rabu (25/4).

Hatta menegaskan, pada malam hari ini ia secara resmi akan mengundurkan diri sebagai Ketua dan Pelindung IKAHI. Karena, menurut dia, secara organisasi tidak dapat melakukan rangkap jabatan.

"Pada Munaslub ini, saya tidak mempertanggungjawabkan periode saya yang berakhir 2013, karena baru separu jalan, jadi akan dilanjutkan dengan memlih Ketua Umum," ucap Hatta.