Akses menuju Pulau Morotai dari Manado maupun Ternate menjadi perhatian Menteri Perhubungan EE Mangindaan saat meninjau persiapan Sail Morotai 2012 di pulau yang menjadi saksi sejarah Perang Pasifik di era Perang Dunia II.

Jakarta - Akses menuju Pulau Morotai dari Manado maupun Ternate menjadi perhatian Menteri Perhubungan EE Mangindaan saat meninjau persiapan Sail Morotai 2012 di pulau yang menjadi saksi sejarah Perang Pasifik di era Perang Dunia II.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan memberikan bantuan khusus untuk pulau Morotai karena adanya potensi pariwisata yang bisa digali lebih banyak dari kabupaten yang masih berada dalam kelas kemiskinan.

"Kemiskinan di pulau Morotai masih sangat besar, satu-satunya yang harus kita lakukan adalah peningkatan sektor transportasi," kata EE Mangindaan di bandar udara Sultan Ba´abulah, Ternate, Minggu (22/4).

Menurut EE Mangindaan, pelabuhan-pelabuhan yang ada di Morotai saat ini belum layak untuk dipakai para wisatawaan. Selain belum terawat dengaan baik, alat angkut belum mencukupi untuk masyarakat setempat.

"Sudah bagus tapi tidak terpelihara. Kotor. Bagaimana kita menggunakan prasarana yang sudah ada dengan baik," ungkap EE Mangindaan.

Untuk persiapan Sail Morotai 2012, Kementerian Perhubungan akan memberikan tambahan dana dan fasilitas.

"Lapangan udara masih ada utang genset, ambulans, pemadam kebakaran, pembangunan apron, NDP, tangga pesawat paling nggak ada dua pasang, Pembangkit tenaga listrik dan avtur," tambah Menhub seperti dilansir menkokesra.go.id.