Jakarta, 30 Juli 2017 – Dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-52 dan memperingati Hari Anak Nasional, serta untuk mengugah minat masyarakat untuk membiasakan berjalan kaki, PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk (Telkom) meluncurkan gerakan #AyoBerjalan dengan tema "Melangkah Ceria Sehatkan Raga". Menandai peluncuran gerakan berjalan kaki ini Telkom memulai dari internal melalui kegiatan jalan santai (FUN Walk) sejauh 5,2 km yang diikuti oleh karyawan dalam event TelkomGroup Family FUNtastic Day pada Minggu (30/7) yang start dan finishnya mengambil tempat di Telkom Landmark Tower, Jakarta.

Menurut Direktur Human Capital Management Telkom Herdy R. Harman, program #AyoBerjalan ini merupakan inisiatif Telkom untuk mengingatkan masyarakat bahwa berjalan kaki merupakan bagian dari pola hidup sehat dan merupakan olahraga murah yang dapat dilakukan siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Gerakan ini terinspirasi oleh beberapa publikasi ilmiah yang menempatkan masyarakat Indonesia pada urutan terbawah penduduk dengan rata-rata langkah setiap harinya.

"Survey Stanford University menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang paling jarang berjalan kaki, yaitu rata-rata 3.512 langkah per hari sementara rata-rata 111 negara di dunia adalah 4.961 langkah per hari," ujar Herdy mengutip hasil riset Stanford University yang baru-baru ini dipublikasikan.

"Kondisi tersebut jika dibiarkan, dan akan menjadi kebiasaan hidup yang tidak sehat bagi generasi penerus. Padahal, kebiasaan berjalan kaki dan berolah raga dapat meningkatkan mood positif seseorang. Berjalan kaki juga berdampak terhadap peningkatan kreativitas, imajinasi, wawasan dan produktivitas," lanjut Herdy R. Harman.

Selain itu, mengutip penelitian University of Cambridge, yang menyatakan, kebiasaan berjalan kaki dapat mendorong energi positif, mood positif, dan meningkatkan kesehatan psikologis (kebahagiaan), seseorang tidak perlu menjalankan olahraga berat seperti melakukan lari maraton. Tindakan yang harus dilakukan adalah melaksanakan aktivitas fisik ringan secara rutin, salah satunya berjalan kaki.

Event FUNtastic Day juga merupakan refleksi Telkom di tengah perkembangan informasi teknologi komunikasi dan teknologi dari masa ke masa. Memperingati Hari Ulang Tahun ke-52 Telkom yang jatuh pada 6 Juli 2017, Telkom bertekad untuk meningkatkan pengabdiannya, menghadirkan kemudahan bagi masyarakat melalui produk dan layanan telekomunikasi digital, serta berbagai kegiatan tanggung jawab sosial sebagai wujud bakti kepada bangsa.

"Namun, kemudahan dalam bentuk layanan teknologi yang Telkom berikan jangan sampai menjadi suatu keburukan bagi masyarakat seperti malas melakukan aktivitas di luar ruangan ataupun berjalan kaki. Untuk itu, perlu didorong oleh sebuah gerakan yang mengajak masyarakat melalui olahraga sederhana yang diinisiasi oleh karyawan TelkomGroup dan keluarga melalui kegiatan FUNtastic Day," terang Herdy mengenai alasan Telkom menginisiasi gerakan #AyoBerjalan ini.

Pada kesempatan yang sama, TelkomGroup juga "mengajak" masyarakat bergerak membantu masyarakat lain yang membutuhkan melalui penyerahan bantuan diantaranya pembangunan 52 jembatan penyebrangan di daerah-daerah pelosok, pemberian bantuan bagi sekolah-sekolah yang fasilitasnya sudah tidak layak, yayasan dan komunitas anak-anak putus sekolah dan tunawisma, serta panti sosial.

Diharapkan, melalui bantuan tersebut dapat mendorong mereka untuk terus bergerak menuju impian mereka. "Semua ini merupakan persembahan Telkom Indonesia untuk Anak Indonesia dalam semangat Hari Anak Nasional," tutup Herdy.

BACA JUGA: