Jakarta, 2 Juli 2014 - PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) dan PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) hari ini, Rabu (2/7) melakukan penandatanganan kerjasama layanan uang elektronik dalam bentuk peluncuran Kartu Bank Sumut T-money.  Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom, Siti Choiriana dan Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting, disaksikan Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin.

Muhammad Awaluddin mengatakan, “Kerjasama penggunaan platform T-money antara Telkom dan Bank Sumut ini dalam rangka mendukung anjuran Bank Indonesia untuk meningkatkan pelaksanaan sistem pembayaran non tunai di masyarakat sekaligus mendukung Bank Sumut dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. ”Awaluddin menambahkan, dengan adanya kerjasama dan peluncuran Kartu Bank Sumut T-money ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana pembayaran non tunai (cashless) yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi dengan cepat khususnya sektor transportasi di Medan.

Seperti diketahui, saat ini Bank Indonesia (BI) mendorong gerakan less cash society (LCS) atau penggunaan uang elektronik di sembilan kota di Indonesia, dan salah satunya adalah di kota Medan. Kondisi saat ini, dari 240 juta penduduk Indonesia, baru satu persen yang melakukan transaksi menggunakan e-money. Data BI menyebutkan, pengguna e-money terkonsentrasi di kota-kota besar di pulau Jawa, Sumatera dan sebagian Sulawesi. Sedangkan pemakaiannya masih sekitar sektortransportasi, seperti toll, pompa bensin, parkir dan transaksi di mini market.

Direktur Operasional dan Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting, mengatakan Bank Sumut sangat mengapresiasi Telkom dalam mendukung penyediaan infrastrukturteknologi e-money sehingga Bank Sumut dapat menambah layanan bagi nasabahnya dengan kerjasama pengembangan joint marketing melalui co-branding layanan kartu uang elektronik t-money milik Telkom, dengan nama Bank Sumut T-money.

Tentunya kerjasama ini akan memberikan manfaat bisnis yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Kami berharap ke depannya Bank Sumut dan Telkommenjalin kerja sama lainnya, terutama kerjasama yang terkait layanan jasa transaksi keuangan berbasis teknologi informasi,” ungkap Ester.

T-money adalah produk Telkom yang berbasis e-money (electronic money). E-money adalah uang yang digunakan dalam transaksi on-line maupun off-line dengan cara elektronik. E-money memiliki nilai uang yang tersimpan atau prabayar (prepaid), dimana nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat konsumen menggunakannya untuk pembayaran dan dapat ditambah dengan mengisinya (Top Up). E-money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran (multi purpose payment).

Telkom telah mendapatkan ijin dalam penyelenggaraan layanan e-money, dimana platform T-money yang dimiliki Telkom dapat digunakan oleh bank-bank daerah yang belum memiliki lisensi uang elektronik. Hal ini dapat mendukung bank-bank daerah dalam penyelenggaraan layanan e-money tanpa harus memiliki infrastruktur sendiri karena dapat menggunakan infrastruktur yang sudah dimiliki Telkom. Penyelenggaraan layanan e-money ini, bagi bank daerah merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan usaha melalui Fee Based Income.

Adapun untuk isi ulang kartu T-money Bank Sumut dapat dilakukan di cabang-cabang Bank Sumut, ATM Bank Sumut bertanda T-money dan merchant-merchant yang berada di wilayah Sumatera Utara atau wilayah lainnya yang bertanda T-money. Dalam tahun 2014 ini, ditargetkan 5000 pengguna kartu T-money Bank Sumut dapat direalisasikan.

Kartu T-money sendiri saat ini sudah dapat digunakan di kereta api bandara Railink-Medan yang merupakan layanan transportasi yang menghubungkan kota Medan danBandara Kualanamu. Selain itu, direncanakan kartu T-money Bank Sumut dapat digunakan sebagai alat pembayaran di ruas tol BELMERA (Belawan-Medan-TanjungMorawa). Penggunaan kartu T-money ini dimulai di sektor transportasi karena volume transaksinya besar, nominalnya kecil dan membutuhkan kecepatan transaksi.
BACA JUGA: