Jakarta, 23 April 2019 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Kementerian BUMN hadir memberikan inspirasi dan motivasi di depan sekitar 3.000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Palembang, Selasa (23/4). Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M dalam sambutannya, selain berterimakasih pada semua pihak disampaikan pula bahwa kerjasama dengan Telkom akan terus dikembangkan. 

Program BUMN Goes to Campus yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun ke-21 Kementerian BUMN. Program ini juga sebagai upaya meningkatkan pemahaman terhadap peran BUMN dalam pembangunan nasional. 

BUMN Goes to Campus di Universitas Muhammadiyah Palembang diisi dengan talkshow yang menghadirkan Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra, Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M, Direktur Human Capital Management Telkom sekaligus Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Herdy Harman dan milenial entrepreneur lokal Fifie H. Boy. Kemudian dilanjutkan dengan sharing session oleh milenial BUMN dan Youtubers yang akan berbagi pengalaman seputar bidang yang mereka geluti dan menjadi inspirasi millenial untuk berkarya membangun bangsa. 

Dalam rangka memperingati HUT Kementerian BUMN, Telkom menyelenggarakan program BUMN Goes to Campus di Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Universitas Muhammadiyah Palembang. BUMN lain juga melakukan kegiatan yang sama di beberapa universitas di seluruh Indonesia. Selain Telkom, hari ini juga ada BUMN yang melaksanakan BUMN Goes to Campus, seperti Semen Indonesia di Universitas Bung Hatta, Padang dan Perusahaan Gas Negara (PGN) di Universitas Santo Thomas, Medan. 

“Pada beberapa tahun lalu BUMN sudah melaksanakan kegiatan ini, namun dilakukan secara sendiri-sendiri. Sekarang waktunya BUMN bersinergi membuat kegiatan-kegiatan secara masif untuk kepentingan bersama dan BUMN berkomitmen selalu hadir untuk negeri sebagai wujud sumbangsih nyata "Soko Guru" perekonomian nasional,” ujar Hambra selaku Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN dalam sambutannya di Universitas Muhammadiyah Palembang. 

Dalam sesi talkshow, Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman mengatakan, seiring berjalannya waktu BUMN hadir semakin kuat dan kokoh dalam memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat. “BUMN hadir tidak hanya dalam hal pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tapi juga memberikan kesempatan yang luas bagi generasi muda untuk berkarya melalui berbagai program diantaranya Siswa Mengenal Nusantara, Rekrutmen Bersama, Spirit of Millenials dan BUMN Goes to Campus. Sesuai namanya, yakni BUMN Goes To Campus, setiap BUMN hadir di tengah mahasiswa di seluruh Indonesia demi memberikan inspirasi dan semangat untuk terus berkarya membangun bangsa,” jelas Herdy. 

Filosofi Great People dalam Mengembangkan Talent dan Leader Telkom 

Herdy menyampaikan, “Memasuki era industri 4.0 dan menghadapi tantangan disruptive saat ini, Telkom memiliki konsep pengelolaan human capital yang mencakup aspek people, culture, organization dan digitizing process. Ada 5 aspek utama yang kami cari dalam menemukan talent-talent terbaik, yakni berkarakter kuat, kompetensi yang terbaik, memiliki kompetensi digital dengan disruptive mindset, kolaboratif serta memiliki social awareness.” 

Lebih lanjut Herdy menjelaskan bahwa dalam membentuk talent dan leader terbaik, Telkom menjalankan filosofi Great People dalam membangun talent dan leader, mulai dari rekrutmen, pengelolaan kompetensi karyawan, pemberian reward dan program eksklusif untuk karyawan terpilih, work life integration hingga pensiun nantinya. “Dengan konsep ini, diharapkan lulusan terbaik dari seluruh universitas di Indonesia dapat tertarik dan menjadi best talent di BUMN, khususnya di Telkom,” ujar Herdy. 

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatanganan MOU antara FHCI dan Universitas Muhammadiyah Palembang serta penyerahan sejumlah bantuan untuk pengembangan kampus, antara lain bantuan perlengkapan laboratorium dan bantuan dana pendidikan untuk mahasiswa berprestasi. Acara ditutup dengan pengundian doorprize dan hiburan musik dari HiVi. 

BACA JUGA: