Jakarta, 18 Januari 2019 -  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara. Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Direktur Network & IT Solution Telkom, Zulhelfi Abidin dan Direktur Wholesale & International Service Telkom Abdus Somad Arief di Manado, Kamis (17/1). NeuCentrIX menghadirkan data center yang terkoneksi secara seamless baik domestik maupun global.  

NeuCentrIX di Manado merupakan fasilitas data center tier-2 seluas 460 meter persegi dengan ruang  IT hall  seluas 227 meter persegi. Data center ini terletak di lokasi strategis Second Gateway yang merupakan pintu konektifitas global dan main Point of Presence (PoP) yang merupakan agregasi network nasional sehingga akan memperbaiki latency, packet loss dan jitter HSI ke Amerika Serikat dan untuk Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Menurut Abdus Somad Arief, neuCentrIX dibangun untuk dapat dimanfaatkan oleh para pebisnis digital, TIK dan Internet tidak hanya domestik tetapi juga para pemain dunia/global. “Posisi neuCentrIX di Manado sangat strategis karena merupakan gerbang ganda, gerbang digital ke Kawasan Indonesia Timur (KTI) melalui Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) dan juga gerbang langsung menuju Amerika Serikat melalui konsorsium South East Asia-United States (SEA-US). Disamping itu, Manado juga merupakan simpul paling timur kabel laut Indonesia Global Gateway (IGG) yang menyambungkan hingga Batam dan Singapura. Hal ini menjadi salah satu  upaya mengembangkan internet Indonesia menuju industri 4.0 ” jelas Abdus Somad Arief.

Dalam kesempatan yang sama Zulhelfi mengatakan NeuCentrIX Manado dibangun dengan memenuhi standar internasional, untuk mengakomodir peluang pasar konten provider di regional. “NeuCentrIX merupakan konsep data center Telkom yang terbuka dan netral bagi seluruh operator dan sebagai agregasi antara network, eyeball, dan content digital. Kehadiran neuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu menggerakkan perekonomian digital tidak hanya di KTI namun juga di Indonesia. Karenanya peran neuCentrIX sangat kuat untuk menjadikan Indonesia sebagai penghubung dan hub internet dunia,” ujar Zulhelfi.

Saat ini Telkom telah mengoperasikan 14 neuCentrIX di dalam dan luar negeri. Di tahun 2019 neuCentrIX ditargetkan mencapai 30 titik di seluruh Indonesia sehingga neuCentrIX akan menjadi fasilitas untuk internet ecosystem dan internet hubbing yang terluas dan terbesar di Indonesia. Kehadiran neuCentrIX sebagai jaringan data center diharapkan mampu mengakselerasi ekosistem digital tidak hanya bangsa Indonesia namun juga dunia, serta dapat mewujudkan cita-cita Telkom menjadi Global Digital Hub.

 

BACA JUGA: