OPINI

Diam, Menolak atau Mengabulkan?

Jadi, jika badan atau pejabat pemerintahan diam atau bersikat pasif atas permohonan keputusan yang anda ajukan maka itu berarti sama dengan telah menolak permohonan anda dan bukan mengabulkan apa yang anda minta.

Selengkapnya

Tagih Komitmen RSPO Tuntaskan Kasus HAM

Hal itu terbukti secara empirik dalam kasus-kasus yang telah masuk melalui sistem pengaduan RSPO dan kasus-kasus yang melibatkan anggota RSPO yang berdimensi pelanggaran hak asasi manusia juga belum direspons, ditangani, dan diselesaikan dengan tuntas.

Selengkapnya

Dosen, Mahasiswa, dan Aktivitas Menulis

Sadar atau tidak, dosen yang enggan bersentuhan dengan kegiatan tulis-menulis telah membungkus rapat-rapat namanya sendiri. Mengurung kemegisterannya, kedoktorannya, bahkan keprofesorannya dalam dinginnya dinding ruang kelas. Kedosenan dan kepakarannya tak lebih selebar gedung fakultas. Namanya tak mampu membumbung tinggi terhalang ‘pagar’ universitas. Tanpa tulisan pula namanya akan cepat hilang dari peredaran dan segera terlupakan.

Selengkapnya

Disparitas Makna "Diam" Pejabat Pemerintahan

Makna Diam Pejabat Pemerintahan dalam Pasal 53 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan mengandung makna apabila subjek hukum melakukan permohonan, akan tetapi Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan tidak menetapkan dan/atau melakukan Keputusan dan/atau Tindakan, maka permohonan tersebut dianggap dikabulkan secara hukum.

Selengkapnya

Posisi SEMA Pembatasan PK dan Putusan MK

Dua putusan itu mengukuhkan kembali putusan MK No. 34/PUU-XI/2013, tanggal 6 Maret 2014 dan menggugurkan dasar hukum Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No 7 Tahun 2014 yang pada intinya menegaskan bahwa permohonan PK atas dasar ditemukannya bukti baru hanya dapat diajukan satu kali.

Selengkapnya

Pesan untuk Sutradara Isu Komunisme

Sebuah dongeng, ada dua orang anak manusia yang sedang memperebutkan kursi kerajaan. Seperti biasa, seseorang yang mengikuti kontestasi politik akan menggunakan jasa konsultan politik untuk membuat fondasi kampanye. Menariknya, kedua calon pejabat itu, tanpa saling mengetahui, sama-sama menggunakan jasa konsultan yang sama: Tukimin Wijoyo.

Selengkapnya