OPINI

Toko Buku versus Cafe

Sekian waktu tak ke toko buku yang bosnya seorang ibu-ibu ini, ternyata sudah banyak yang berubah. Sebagian bangunan telah ´disulap´ menjadi cafe yaitu pada bagian yang menjual alat tulis kantor. Cafe menjadi pilihan supaya toko tidak rugi karena sepinya para konsumen buku.

Selengkapnya

Harapan dan Realitas di Era Otda

Namun percayalah, siapapun yang terpilih dipastikan tidak akan mudah menghantarkan mimpi-mimpi konstituen. Penulis tidak pesimis, tidak pula optimistis, hanya sekadar berpikir realistis mengingat ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pilkada.

Selengkapnya

Perlukah KASN Dibubarkan?

Bergulir wacana membubarkan Lembaga Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), karena dianggap Fungsi pengawasan KASN tidak optimal dan tidak jauh berbeda dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Selengkapnya

Diam, Menolak atau Mengabulkan?

Jadi, jika badan atau pejabat pemerintahan diam atau bersikat pasif atas permohonan keputusan yang anda ajukan maka itu berarti sama dengan telah menolak permohonan anda dan bukan mengabulkan apa yang anda minta.

Selengkapnya

Tagih Komitmen RSPO Tuntaskan Kasus HAM

Hal itu terbukti secara empirik dalam kasus-kasus yang telah masuk melalui sistem pengaduan RSPO dan kasus-kasus yang melibatkan anggota RSPO yang berdimensi pelanggaran hak asasi manusia juga belum direspons, ditangani, dan diselesaikan dengan tuntas.

Selengkapnya

Dosen, Mahasiswa, dan Aktivitas Menulis

Sadar atau tidak, dosen yang enggan bersentuhan dengan kegiatan tulis-menulis telah membungkus rapat-rapat namanya sendiri. Mengurung kemegisterannya, kedoktorannya, bahkan keprofesorannya dalam dinginnya dinding ruang kelas. Kedosenan dan kepakarannya tak lebih selebar gedung fakultas. Namanya tak mampu membumbung tinggi terhalang ‘pagar’ universitas. Tanpa tulisan pula namanya akan cepat hilang dari peredaran dan segera terlupakan.

Selengkapnya